Tuntutan kurikulum membuat materi pelajaran / materi diklat sedikit diajarkan
Segudang materi pelajaran / materi diklat tertuang di dalam buku pelajaran, yang kemudian guru
masuk kelas dengan membawa RPP yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Contoh :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................................................
Mata Pelajaran/Mata Diklat : ...........................................................
Kelas/Semester : ........... / ............
Pertemuan ke- : .... , Judul Bab/Modul .........................
Alokasi waktu : 2 x 40 menit atau 2 x 45 menit atau 3 x 40 menit atau
3 x 45 menit
Standar Kompetensi/
Kompetensi Inti : .....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
Kompetensi Dasar : .....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
Indikator : ......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
A. Tujuan Pembelajaran
1. ....................................................................................
2. dst
B. Karakter Siswa
1. Jujur 2. Disiplin 3. Kreatif 4. dst
C. Materi Pembelajaran
(judul-judul subbab/submodul)
1. .............................................................
2. dst
D. Metode Pembelajaran
Diskusi/Ceramah/Tanya Jawab/dst
dan/atau dijabarkan lagi dengan model jenis apa ( contoh zigsaw/...../.....)
E. Kegiatan Pembelajaran
__________________________________________________________________
Kegiatan i Uraian i Waktu
__________________________________________________________________
Kegiatan Awal i Apersepsi: i
i i
i Motivasi i
i i
___________________________________________________________________
Kegiatan Inti i Eksplorasi i
i i
i i
i Elaborasi i
i i
i i
i Konfirmasi i
i i
_____________________________________________________________________
i i
Kegiatan Akhir i i
i i
______________________________________________________________________
E. Media Pembelajaran/Sumber Pembelajaran
...........................................................................................................................
............................................................................................................................
F. Penilaian
1. Bentuk Tes : .........................................................................................
2. Bentuk Soal : .........................................................................................
3. Soal
4. Kunci Jawaban
Kota/Kab ................................., ....../....../ 20....
Mengetahui Guru Mata Pelajaran/Guru mata Diklat
Kepala Sekolah
____________________ _______________________
* Format RPP dari berbagai sumber ( workshop di sekolah, di provinsi, internet)
Dalam 1 semester rata-rata guru masuk kelas antara 15 - 28 kali tergantung jumlah
jam pelajaran per kelasnya dalam seminggu. Dengan beratus halaman pelajaran di buku
paket/panduan, tampaknya tidak akan semua materi tertuntaskan. Itulah gaya pengajaran
modern saat ini : " tidak semua materi pelajaran/materi diklat diajarkan ".
Oleh karena itu usaha guru di kelas sangat minimal, sebab yang akan aktif belajar adalah
siswa, terutama belajar di rumah.
Maka paradigma bahwa siswa tidak seperti botol kosong merupakan inti dari pembelajaran
gaya modern saat ini. Hasilnya bergantung guru/siswa, yang berdasarkan kepada KKM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar