Senin, 12 Agustus 2013

5. KRITIKAN TERHADAP TUNTUTAN KURIKULUM : MEMBUAT MATERI PELAJARAN / MATERI DIKLAT SEDIKIT DIAJARKAN

Tuntutan kurikulum membuat materi pelajaran / materi diklat sedikit diajarkan

         Segudang materi pelajaran / materi diklat  tertuang di dalam buku pelajaran, yang kemudian guru
masuk kelas dengan membawa RPP yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Contoh :

                                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ............................................................
Mata Pelajaran/Mata Diklat  :  ...........................................................
Kelas/Semester                    :  ........... / ............
Pertemuan ke-                      :  .... , Judul Bab/Modul .........................
Alokasi waktu                      :   2 x  40  menit  atau   2  x 45  menit atau  3 x 40 menit atau
                                                3 x 45 menit
Standar Kompetensi/
Kompetensi Inti                    :   .....................................................................................................
                                                .....................................................................................................
                                                .....................................................................................................
                                                .....................................................................................................

Kompetensi Dasar                :   .....................................................................................................
                                                .....................................................................................................
                                                .....................................................................................................
                                                .....................................................................................................

Indikator                               :  ......................................................................................................
                                               ......................................................................................................
                                               ......................................................................................................
                                               ......................................................................................................

A. Tujuan Pembelajaran
     1. ....................................................................................
     2. dst

B. Karakter Siswa
     1. Jujur      2. Disiplin    3. Kreatif   4. dst

C. Materi Pembelajaran
     (judul-judul subbab/submodul)
     1. .............................................................
     2. dst

D. Metode Pembelajaran
     Diskusi/Ceramah/Tanya Jawab/dst
     dan/atau dijabarkan lagi dengan model jenis apa ( contoh zigsaw/...../.....)

E. Kegiatan Pembelajaran
__________________________________________________________________
   Kegiatan                         i              Uraian                                    i      Waktu
__________________________________________________________________                                                                                                    
   Kegiatan Awal                  i    Apersepsi:                                        i
                                          i                                                            i
                                          i    Motivasi                                           i
                                          i                                                            i
___________________________________________________________________
    Kegiatan Inti                   i      Eksplorasi                                      i
                                          i                                                            i
                                          i                                                            i
                                          i       Elaborasi                                       i
                                          i                                                            i
                                          i                                                            i
                                          i        Konfirmasi                                    i
                                           i                                                            i
_____________________________________________________________________
                                          i                                                            i
          Kegiatan Akhir          i                                                            i
                                          i                                                            i
______________________________________________________________________

E. Media Pembelajaran/Sumber Pembelajaran

     ...........................................................................................................................
    ............................................................................................................................

F. Penilaian

     1. Bentuk Tes            :  .........................................................................................

     2. Bentuk Soal          :  .........................................................................................

     3. Soal


      4. Kunci Jawaban



                                                              Kota/Kab  ................................., ....../....../ 20....

                    Mengetahui                                         Guru Mata Pelajaran/Guru mata Diklat
                    Kepala Sekolah



                    ____________________                            _______________________


             * Format RPP  dari berbagai sumber ( workshop di sekolah, di provinsi, internet)



              Dalam 1 semester  rata-rata guru masuk kelas antara 15 - 28  kali  tergantung jumlah
              jam pelajaran per kelasnya dalam seminggu. Dengan beratus halaman pelajaran di buku
              paket/panduan, tampaknya tidak akan semua materi tertuntaskan. Itulah gaya pengajaran
              modern saat ini : " tidak semua materi pelajaran/materi diklat diajarkan ".

              Oleh karena itu usaha guru di kelas sangat minimal, sebab yang akan aktif belajar adalah
              siswa, terutama belajar di rumah.

              Maka paradigma bahwa siswa tidak seperti botol kosong merupakan inti dari pembelajaran
              gaya modern saat ini. Hasilnya bergantung guru/siswa, yang berdasarkan kepada KKM.
                                                                                                


                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar